Menghitung Nilai Efektifitas dari SOP

Konsep penyusunan dasar SOP adalah untuk memastikan bahwa perusahaan terhindarkan dari resiko dan menjaga konsistensi dalam memastikan bahwa output proses terpenuhi. Untuk memastikan bahwa SOP tersebut adalah efektif, berikut adalah beberapa pendekatan yang dapat dilakukan.

(1) Pendekatan Resiko

Perhitungan nilai efektifitas dari SOP dapat dilihat seberapa besar potensi kemunculan resiko untuk muncul. Klasifikasi dapat dilakukan dengan persentase yaitu dengan melihat seberapa jauhnya SOP tersebut dapat mengurangi resiko. Pendekatan ini membutuhkan data statistik akurat dan kejujuran atas kemunculan resiko pada perusahaan.

(2) Pendekatan Implementasi

Konsep strategis atas pendekatan implementasi dimunculkan untuk melihat seberapa besar persentase sistem terimplementasi.  Melakukan analisis seberapa besar implementasi atas sistem tersebut dapat terjalankan.  Adalah suatu nilai baik, apabila proses realisasi persentasi dari implementasi sudah mencapai nilai yang mendekati 100%.  Pendekatan ini adalah suatu pendekatan dengan sistem compliance (kesesuaian) bukan pendekatan efektifitas dari SOP untuk pencapaian kinerja.

(3) Pendekatan Manajemen Kinerja

Dalam proses pendekatan melalui manajemen kinerja, penetapan kriteria keberhasilan telah ditetapkan dalam proses awal penyusunan SOP. Penilaian efektifitas yang dijalankan adalah dengan melihat pencapaian atas sasaran/ target perusahaan.

Bagaimana memastikan bahwa perusahaan melakukan evaluasi terkait dengan SOP? Ada baiknya perusahaan melakukan pendekatan evaluasi SOP dengan menggunakan ketiga pendekatan metode yang dimaksudkan di atas. Lakukan proses pencarian referensi eksternal yang tepat dan efektif untuk memastikan bahwa SOP dapat terimplentasi dan memiliki nilai manfaat maksimal bagi perusahaan. (amarylliap@gmail.com, 08129369926)

 

Tinggalkan komentar