5 Alasan Mengapa Perusahaan Harus Memiliki KPI

KPI (Key Performance Indicator) merupakan suatu desain atas pengukuran kinerja dari perusahaan yang menjadi bagian penting dalam strategi manajemen perusahaan.  Lalu mengapa perusahaan itu sendiri harus memiliki KPI? Berikut adalah 5 (lima) alasan mengapa perusahaan harus memiliki KPI.

(1) Mengelola Strategi degan Integritas Busienss yang Kuat

Memastikan bahwa implementasi strategi dalam performa kinerja perusahaan terjalankan dengan tepat.  Bagaimana suatu keputusan yang dihasilkan menjadi nilai penting yang diikuti dalam perusahaan.

(2) Penjabaran Terukur dari Budaya Perusahaan

Banyak perusahaan yang terjebak dari aspek adanya budaya yang tepat namun tidak terukur dan terimplementasi dengan efektif dalam perusahaan. Bagaimana konsep strategi atas implementasi budaa perusahaan tersebut dapat dijalankan secara optimal dalam perusahaan.

(3) Melakukan Impelementasi Atas Sistem

Salah satu tantangan terbesar dari sistem adalah bagaimana melihat bahwa sistem tersebut telah terimplementasi dengan tepat dan efektif. Melakukan suatu tahapan  untuk memastikan bahwa sistem terimplementasi secara terukur adalah dengan melakukan pelaksanaan KPI.

(4) Meningkatkan Tanggung Jawab Karyawan

Adanya suatu target yang terukur adalah suatu hal penting yang menjadi pertimbangan untuk memastikan bahwa suatu aspek pengelolaan SDM dapat diarahkan dalam jalur yang tepat.  Target yang terukur akan membawa karyawan dalam suatu proses untuk mencapai target dengan menjalankan mekanisme yang terstruktur.

(5) Mengembangkan Aspek Compliance Management System

KPI membangun transparansi yang dapat mendukung konsep compliance management system. Setiap proses dan individu yang ada dalam perusahaan terukur dengan tepat dan faktual. Mengetengahkan KPI dapat membantu perusahaan dalam menyusun sistem yang obyektif dan pengembilan keputusan berbasikan bukti dan fakta.

Perusahaan sebaiknya menjalankan KPI sebagai bentuk sistem yang terukur dan terintegrasi dengan business process. Ada baiknya, melakukan proses pencarian referensi eksternal yang tepat untuk melakukan pengukuran atas KPI perusahaan. (amarylliap@gmail.com, 08129369926)

Tinggalkan komentar